Senin, 20 Februari 2017

Kalium Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara kerja kalium adalah kebalikan dari natrium. Konsumsi kalium yang banyak akan meningkatkan konsentrasinya di dalam cairan intraseluler sehingga cenderung menarik cairan dari bagian ekstraseluler dan menurunkan tekanan darah.

Mekanisme bagaimana kalium dapat menurunkan tekanan darah adalah sebagai berikut:

  • kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan vasodilatasi sehingga menyebabkan penurunan retensi perifer total dan meningkatkan output jantung.
  • kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan berkhasiat sebagai diuretika.
  • kalium dapat mengubah aktivitas sistem renin-angiotensin.
  • kalium dapat mengatur saraf perifer dan sentral yang mempengaruhi tekanan darah.
Berdasarkan hasil analisis lebih lanjut terlihat ada perbedaan yang signifikan antara tekanan darah sistolik sebelum dan sesudah intervensi. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan berupa peningkatan asupan kalium melalui konsumsi buah-buahan memberikan efek terhadap penurunan tekanan darah sistolik sebesar ± 7,67 mmHg.
Hasil penelitian ini juga sejalan dengan penelitian lain, yaitu dengan memberikan jus buah belimbing dan mentimun yang tinggi kandungan kaliumnya selama 14 hari terjadi penurunan tekanan darah sistolik ± 14,21 mmHg.
Peningkatan asupan kalium melalui penambahan konsumsi buah seyogyanya diaplikasikan ke dalam menu harian agar dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Posted by:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar